PENYERAHAN SERTIFIKAT PROGRAM PTSL TAHUN 2022

  • Sep 22, 2022
  • MDC
  • Penyerahan Sertifikat PTSL 2022

VIDEO SINGKAT


Di Indonesia, kasus sengketa tanah dan sengketa lahan sering kali terjadi. Hal ini sebenarnya tidak mengherankan, karena banyak sekali tanah yang belum memiliki sertifikat kepemilikan yang sah.Menanggapi masalah tersebut, Pemerintah pada akhirnya membuat program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap). PTSL telah diatur dalam Instruksi Presiden (Inpres) No. 2 Tahun 2018.

Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau PTSL adalah proses pendaftaran tanah pertama kali. Dilansir dari Kementrian Komunikasi dan Informatika RI, program tersebut dilakukan serentak di seluruh Indonesia bagi semua objek pendaftaran tanah yang belum terdaftar dalam suatu wilayah desa/kelurahan atau yang serentak dengan itu.

PTSL yang begitu populer di masyarakat dengan istilah sertifikasi tanah ini, sepenuhnya dijamin oleh pemerintah mengenai kepastian hukum serta perlindungan hukumnya pada hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

(Dikutip dari https://www.rumah.com/panduan-properti)

Saat ini Desa Pakuniran Kecamatan Maesan telah melaksanakan Program PTSL ini dengan tujuan mempermudah dalam pelayanan pendaftaran tanah oleh warga Desa Pakuniran.